My story about my Satchel bag

18. Okt, 2015

This is my first Satchel bag..!

 

Singkat cerita, minggu lalu saya berhasil menjahit sebuat Satchel Bag. Satchel bag adalah tas yang bentuknya mengadopsi messenger bag (tas tukang pos). Jika messenger bag terbuat dari bahan kain kanvas, satchel bag terbuat dari bahan vinil ataupun bahan-bahan lain yang mengkilap, atau bahan yang bercorak dan warna terang. Messanger bag sendiri, seperti yang sudah dikatakan di atas, adalah tas yang berbentuk seperti tas milik tukang pos. Entah sekarang masih ada atau tidak, namun di area 80an saya sering melihatnya. Tas ini berbentuk kotak dan besar dengan satu tali panjang. Jaman sekarang messenger bag digunakan sebagai tas untuk menyimpan laptop.

Mengerjakan Satchel bag saya ini benar-benar menuntut saya memeras kolaborasi berbagai keterampilan saya yang masih sangat sedikit; mulai memilih jenis kain dan bahan pelengkap, mendesain, memodifikasi cara menjahit dimana seluruh pola dirancang dengan hati-hati dan cukup sulit (karena menggunakan pipping).

Namun setelah nyaris genap dua hari berkutat, kini saya cukup beruntung untuk memilikinya, sebagai penanda bahwa saya sanggup melalui beberapa hal yang sebelumnya saya pikir luar biasa rumit dan nayris mustahil. Dalam pembuatannya, saya menghitung kurang lebih 3 kali saya nyaris menyerah dan menangis seperti anak kecil karena kesal akibat berulang kali harus dedel dan pasang. Istilah salah satu sahabat crafter adalah 3B; Bolak Balik Bongkar.. LOL

Satchel bag saya sungguh memotivasi.(Anda bisa melihatnya pada gambar), karena merupakan bagian dari kisah hidup saya saat ini. Satchel ini tidak hanya merupakan fakta bahwa saya telah memetik hasil setelah berusaha keras, tapi selalu mengingatkan saya tentang perjalanan yang tak terlupakan ini dan matahari ada masanya akan terbenam, namun selalu akan terbit kembali. Hal inilah yang membuat tas ini sangat istimewa bagi saya.